Apa Itu Mudharabah?

akad mudharabah – Pemilik dana (shahibul maal) menanamkan modalnya pada pengelola dana (mudharib) untuk menjalankan kegiatan usaha tertentu, dan menggunakan metode bagi hasil atau metode bagi hasil untuk dibagikan atas dasar aktiva tetap. proporsi. Setuju sebelumnya.
(Otoritas Jasa Keuangan)

Mudharabah adalah suatu bentuk kerjasama antara dua pihak atau lebih dimana pemilik modal (shahibul amal) menitipkan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) melalui perjanjian pendahuluan. Bentuk ini menekankan kerjasama dengan 100% modal pemilik modal dan keahlian manajer.
(Wikipedia)

Apa Itu Mudharabah?

Mudharabah dapat dijelaskan sebagai akar dari kerjasama bisnis antara kedua belah pihak, yaitu pengelola usaha disebut mudharib, dan modal disebut shahibul maal. Melalui pembiayaan semacam ini, selama usaha masih berjalan, pemodal dapat memperoleh bagi hasil yang berkelanjutan. Keuntungan yang diperoleh dibagikan sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan dalam kontrak awal.

Jenis Mudharabah

Akad mudharabah dibagi menjadi dua jenis transaksi, yaitu:

Mudharabah Mutlaqah: mudharib mencoba shahibul maal. Dalam kontrak ini, pemodal tidak memutuskan jenis usaha apa yang akan dijalankan, tetapi hanya menyediakan dana usaha. Nantinya, pemodal akan mendapatkan nisbah bagi hasil dari bisnis yang sedang berjalan.

Mudharabah Muqayyadah: Bisnis ditentukan oleh pemodal (shahibul maal), dan pihak yang menerima pembiayaan (mudharib) hanyalah pengelola yang menjalankan bisnis.

Ketentuan Hukum Mudharabah

Mudharabah dapat dibatasi untuk jangka waktu tertentu.
Kontrak tidak boleh dikaitkan dengan kejadian di masa depan yang belum tentu terjadi (mu’allaq).
Tidak ada kompensasi dalam mudharabah karena akad pada dasarnya adalah amanah. Kecuali karena kesalahan yang disengaja, kelalaian atau pelanggaran perjanjian.
Jika salah satu pihak gagal memenuhi kewajibannya atau terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, jika tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah akan diselesaikan melalui Komisi Arbitrase Syariah.

Source : https://kangsantri.id/

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *