Tips Menata Ruang Kerja Jadi Lebih Nyaman dan Makin Produktif

Ruang kerja yang nyaman adalah dambaan setiap orang, terutama saat bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah penuh dengan gangguan, terutama ketika tidak ada batasan yang jelas antara pekerjaan dan aktivitas keluarga, yang terkadang dapat menyebabkan produktivitas yang tidak normal bagi pekerja jarak jauh. Nah, salah satu cara untuk menstabilkan atau bahkan meningkatkan produktivitas adalah dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman.

Ruang kerja yang nyaman juga dapat meningkatkan mood dan kreativitas saat bekerja, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Lalu bagaimana teknik menciptakan ruang kerja yang nyaman saat bekerja dari rumah?

Tambahkan tanaman

Bekerja di ruang tertutup terkadang bisa membuat sebagian orang merasa bosan dan stres. Jika Anda memiliki ruang kantor tertutup, Anda bisa menambahkan tanaman hijau ke meja sebagai hiasan. Carilah tanaman yang cocok untuk ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman ke ruang kerja Anda, Anda akan mendapatkan energi positif dan meningkatkan produktivitas Anda.

Pemilihan Warna Ruang Kerja

Warna telah terbukti mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Meskipun setiap orang memiliki minatnya sendiri pada warna, beberapa warna memiliki dampak. Misalnya, biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreativitas, merah mempengaruhi tubuh, hijau menciptakan keseimbangan dan menenangkan orang, atau merah muda dapat membawa kebahagiaan dan kenyamanan.

 

Pencahayaan Yang Cukup

Cahaya yang masuk ke area kerja biasanya tidak terlalu banyak, dan cahaya di dalam ruangan terkadang tidak cukup. Karena itu, Anda dapat menambahkan lebih banyak cahaya ke meja.

Usahakan untuk memasang lampu kecil atau desk lamp di samping meja, agar suasana kerja menjadi lebih hangat dan nyaman. Meja yang cukup terang juga bisa membuat Anda lebih efisien, lebih kreatif, dan tidak mengantuk.

 

Gunakan bantal kursi

Ternyata kursi yang Anda gunakan berpengaruh besar terhadap kenyamanan kerja. Anda menyelesaikan pekerjaan Anda di kursi itu, menemukan inspirasi, dan berinovasi. Oleh karena itu, tempat duduk yang nyaman akan menunjang efisiensi kerja dan suasana kerja Anda.

Untuk membuat kursi yang nyaman, Anda bisa menambahkan bantal pada kursi agar Anda bisa bekerja lebih nyaman dan mudah berbaring.Anda juga bisa menambahkan bantal kecil di permukaan kursi agar kursi tidak terlalu keras dan menimbulkan rasa pegal.

 

Atur meja

Banyak orang begitu sibuk membuat kekacauan. Hal ini tentunya sangat merusak pekerjaan dan akan menurunkan tingkat produktivitas. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membuang atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai dan meninggalkan beberapa barang penting seperti jam, kalender, catatan penting, dan rak alat tulis.

Tambahkan foto keluarga

Keluarga adalah salah satu alasan yang membuat Anda lebih bersemangat dalam bekerja. Jadi, cobalah untuk mulai memilih foto keluarga dan menatanya di tempat yang mudah dilihat dan tidak mengganggu pekerjaan Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang atau meja untuk menyimpan foto, Anda dapat membuat foto keluarga di layar komputer atau laptop Anda.

Dengan cara ini, moral Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini enam tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang kerja Anda lebih nyaman. Dengan ruang kerja yang nyaman, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan meningkatkan efisiensi kerja.

Ya, menata ruang kerja Anda, terutama saat bekerja dari rumah, dapat meningkatkan efisiensi kerja Anda. Apalagi saat Anda sedang bosan dan terganggu dengan hal-hal di rumah, ruang kerja yang nyaman adalah solusinya.

 

Pengharum Ruangan

Menambahkan pengharum ruangan dipercaya dapat menambah mood saat bekerja. Pilihlah aroma yang tidak mencolok, bau yang mencolok justru dapat merusak suasana. Hindari aroma buah-buahan, karena buah memiliki aroma yang khas dan sedikit mencolok.

Pilih aroma kopi atau aroma alam, letakkan pengharum ruangan di dekat AC atau jendela. Anda bisa juga membli pengharum ruangan otomatis. Atur waktu kapan menyemprotkan pengharum ruangan. Berikan jeda waktu yang cukup agar aroma pengharum ruangan tidak memenuhi seisi ruang kerja.

Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *